Rekayasa Perangkat Lunak
0
Rekayasa Perangkat Lunak
Rekayasa perangkat lunak adalah satu bidang profesi
yang mendalami cara-cara pengembangan perangkat lunak termasuk pembuatan,
pemeliharaan, manajemen organisasi pengembanganan perangkat lunak dan manajemen
kualitas.
Menurut IEEE Computer Society : Rekayasa perangkat lunak sebagai penerapan suatu pendekatan yang sistematis, disiplin dan terkuantifikasi atas pengembangan, penggunaan dan pemeliharaan perangkat lunak, serta studi atas pendekatan-pendekatan ini, yaitu penerapan pendekatan engineering atas perangkat lunak.
Menurut IEEE Computer Society : Rekayasa perangkat lunak sebagai penerapan suatu pendekatan yang sistematis, disiplin dan terkuantifikasi atas pengembangan, penggunaan dan pemeliharaan perangkat lunak, serta studi atas pendekatan-pendekatan ini, yaitu penerapan pendekatan engineering atas perangkat lunak.
Rekayasa Perangkat Lunak adalah pengubahan perangkat lunak itu sendiri guna mengembangkan, memelihara, dan membangun kembali dengan menggunakan prinsip reakayasa untuk menghasilkan perangkat lunak yang dapat bekerja lebih efisien dan efektif untuk pengguna.
Tujuan
Rekayasa Perangkat Lunak :
Tujuan dan Rekaya Perangkat Lunak ini terdir dari
beberapa sebagai berikut:
a. Memperoleh
biaya produksi perangkat lunak yang rendah.
b. Menghasilkan
pereangkat lunak yang kinerjanya tinggi, andal dan tepat waktu
c. Menghasilkan
perangkat lunak yang dapat bekerja pada berbagai jenis platform
d. Menghasilkan
perangkat lunak yang biaya perawatannya rendah
e. Kriteria
Dalam Merekayasa Perangkat Lunak
f. Dapat
terus dirawat dan dipelihara (maintainability)
g. Dapat
mengikuti perkembangan teknologi (dependability)
h. Dapat
mengikuti keinginan pengguna (robust).
i.
Efektif dan efisien dalam menggunakan
energi dan penggunaannya.
j.
Dapat memenuhi kebutuhan yang diinginkan
(usability).
Ruang Lingkup Rekayasa Perangkat Lunak sebagai
berikut :
a. Software
Requirements berhubungan dengan spesifikasi kebutuhan dan persyaratan perangkat
lunak.
b. Software
desain mencakup proses penampilan arsitektur, komponen, antar muka, dan karakteristik
lain dari perangkat lunak.
c. Software
construction berhubungan dengan detail pengembangan perangkat lunak, termasuk.
algoritma, pengkodean, pengujian dan pencarian kesalahan.
d. Software
testing meliputi pengujian pada keseluruhan perilaku perangkat lunak.
e. Software
maintenance mencakup upaya-upaya perawatan ketika perangkat lunak telah
dioperasikan.
f. Software
configuration management berhubungan dengan usaha perubahan konfigurasi
perangkat lunak untuk memenuhi kebutuhan tertentu.
g. Software
engineering management berkaitan dengan pengelolaan dan pengukuran RPL,
termasuk perencanaan proyek perangkat lunak.
h. Software
engineering tools and methods mencakup kajian teoritis tentang alat bantu dan
metode RPL.
Rekayasa Perangkat Lunak dan Disiplin Ilmu Lain
Cakupan ruang lingkup yang cukup luas, membuat RPL
sangat terkait dengan disiplin dengan bidang ilmu lain. tidak saja sub bidang
dalam disiplin ilmu komputer namun dengan beberapa disiplin ilmu lain diluar
ilmu komputer.
|
Keterkaitan RPL dengan bidang ilmu lain
|
Bidang ilmu manajemen meliputi akuntansi, finansial,
pemasaran, manajemen operasi, ekonomi, analisis kuantitatif, manajemen sumber
daya manusia, kebijakan, dan strategi bisnis.
Bidang ilmu matematika meliputi aljabar linier,
kalkulus, peluang, statistik, analisis numerik, dan matematika diskrit.
Bidang ilmu manajemen proyek meliputi semua hal yang
berkaitan dengan proyek, seperti ruang lingkup proyek, anggaran, tenaga kerja,
kualitas, manajemen resiko dan keandalan, perbaikan kualitas, dan metode-metode
kuantitatif.
0 komentar: